Pemkab Bima Ikut Evaluasi KLA 2021


Evaluasi KLA penting dilakukan untuk mengukur kualitas penanganan anak bagi Pemerintah Daerah. ( DOK. Ndai)

NDAIONLINE.COM. Woha,- Pemerintah Kabupaten Bima mengikuti Verifikasi Lapangan Hibryd (VLH), Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Nasional tahun 2021.

Evaluasi KLA ini, dilakukan Selasa, 8 Juni 2021, oleh Tim Kementerian  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, di Aula Kantor Bupati Bima.

Tahun 2019 lalu, untuk program yang sama, Pemkab Bima behasil meraih penghargaan KLA tingkat Nasional.

Tim Verifikasi yakni dari Deputi Perlindungan Khusus Anak. Dan Deputi Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA.

Ikut mendampingi Bupati Bima Hj. Indah  Dhamayanti Putri SE, selain Wakil Bupati Drs. H Dahlan HM Noer adalah Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bima, Drs. Syahrul. Dan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bappeda Kabupaten Bima, H. Fahrudin S.SoS, M.Ap.

Menurut Bupati IDP, upaya menciptakan ruang kebahagiaan bagi anak adalah tugas semua pihak, khususnya orang tua.

"Orang tua bertanggung jawab bagi kebahagiaan  anak. Yang dilahirkan menjadi generasi yang tangguh dan menjadi aset bagi Kabupaten Bima,"ujar Bupati.

Keikutsertaan pada tahapan verifikasi tingkat nasional ini, dari sekian banyak daerah, Kabupaten Bima  mendapatkan kehormatan, untuk mengikuti tahapan verifikasi.

Menurut Bupati, KLA ini penting sebagai wahana evaluasi bagi peningkatan kualitas kabupaten layak anak terhadap prestasi yang pernah diterima pada tahun 2019 lalu, di Makassar.

Langkah strategis, untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Bima adalah melibatkan anak dalam proses  pembangunan daerah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan khusus perempuan dan anak. Membentuk forum anak.

Selain itu, peningkatan  cakupan kepemilikan akta kelahiran, kartu informasi anak melalui  jalur pendidikan, kesehatan, peningkatan kualitas  layanan dasar bagi ibu dan anak melalui aksi konvergensi stunting dan Gebrak Bimantika.

Acara dipandu Kabid Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Bappeda, Raani Wahyuni ST, MT, M.Sc.

Hadir sebagai peserta adalah Bappeda, Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, Bagian Hukum, Dikbudpora, Polres, DMPD, DLH, Dinas Perkim, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, Dukcapil, Dinas Perpustakaan, Kemenag, TP. PKK, Camat Lambu dan Kades Monta Baru, Gugus Tugas KLA dan Forum Anak. (Ile)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.