Inovasi Simawar dan Kupu-Kupu Bantu Pelaku Usaha Perempuan


Penyerahan bantuan peralatan bagi Kelompok Usaha Perempuan oleh Kadis DP3AP2KB. (DOK. Ndai)

Bima, Ndaionline.com,- Puluhan pengusaha bakulan, Cafe, jajanan dan sayur mayur se Kecamatan Sape, mengikuti Pelatihan Kewirausahaan bagi Kelompok Usaha Perempuan, di Aula Kantor UPT DP3AP2KB Selasa, 22 September 2020.

Pelatihan bagi 30 orang kelompok usaha mikro ini berlangsung hanya sehari. Diinisiasi oleh Tim Simawar menggandeng Konsultan dari Akademi Kewirausahaan Mandiri Bima. Dibuka sacara resmi oleh Kadis DP3AP2KB Drs. Sahrul. 

Produk Kelompok Usaha Perempuan dapat menjaga kualitas, agar bisa bersaing dengan produk luar daerah. (DOK. Ndai)

Kadis Drs. Sahrul mengatakan, pelatihan bagi kelompok usaha tersebut merupakan penerapan inovasi Kupu-Kupu, yang menjadi bagian penunjang penerapan inovasi Simawar.

Ia berharap para peserta dapat mengkuti Pelatihan dengan serius. Karena inovasi Kupu-Kupu telah tersedia dalam E-Comerce Tokpedia.

‘’Produk-produk hasil kelompok usaha Perempuan, sudah dapat dijual melalui lapak Kupu-Kupu yang ada dalam Tokopedia,’’ujar Sahrul dihadapan peserta pelatihan.

Kesulitan bagi Kelompok Usaha Perempuan memasarkan produknya melalui Kupu-Kupu, akan dibantu oleh Pelaksana Inovasi di DP3AP2KB. (DOK. Ndai)

Dijelaskan Kadis yang pernah menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Bima ini, bahwa kelompok usaha perempuan  tetap memperhatikan kualitas produk. Agar mampu bersaing dengan produk-produk dari luar daerah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB, Laily Ramdhani, S.STP, MM, menambahkan bahwa Pelatihan itu sebagai pengembangan dan inovasi Simawar. Kemudian Kupu-Kupu itu sendiri adalah singkatan dari Kios Untuk Produk Kelompok Usaha Perempuan.

Laily berharap kepada kelompok usaha perempuan dapat memanfaatkan kios online ini untuk memasarkan produk usaha mereka. Laily berjanji dengan Tim Simawar dan Kupu-Kupu siap membantu tiap saat dibutuhkan. 

Usai kegiatan, Kadis DP3AP2KB menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada Kelompok Usaha Perempuan yang hadir sebagai peserta. (ile)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.