Bupati Umi Dinda Bantu Korban Di Wawo dan Ngali

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE didampingi Camat Belo, Bambang S.Sos saat menyerahkan bantuan pada warga Desa Ngali, korban kebakaran (Dok Ndai)

Bima,Ndaionline.com,- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE,memberikan bantuan uang tunai secara pribadi, pada dua warga di Desa Raba, Kecamatan Wawo, yang rumahnya mengalami kebakaran pada, Kamis 07 Mei, sekitar Pukul 04:10 Wita, dini hari.

Dua orang itu yakni suami- istri, dibantu Bupati Umi Dinda pada Jumat, 8 Mei 2020, didampingi Camat Wawo Syarifudin Bahsyar, S. Sos dan Muspika setempat.

Kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah milik suami-istri miskin, itu terjadi sekitar Pukul 04.10 wita dini hari, Kamsi 07 Mei 2020, akibat arus pendek. Saat kejadian, pemilik rumah sedang tidur lelap dan mengaku tidak mengetahui dari mana sumber api.

Bupati Umi Dinda berharap, bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik dan dapat meringankan beban keluarga.

‘’Serta tetap waspada. Insya Allah nanti ada bantuan tanggap darurat dari Pemkab Bima,’’ujar Bupati.
Ratusan warga ikut menyaksikan saat Bupati Umi Dinda menyerahkan bantuan di Kampo Nae Desa Ngali usai kejadian kebakaran. (Dok Ndai)

Sementara itu, Camat Wawo, Syarifudin Bahsyar, S. Sos, kepada warganya yang tengah mengalami musibah maupun  yang tidak, berpesan selalu berhati-hati. Tetap menjaga keamanan, memastikan api mati sebelum tidur atau ketika mau meninggalkan rumah. Tidak menyimpan barang yang mudah terbakar di areal rumah. Karena bersifat pribadi Camat mengaku tidak mengetahui berapa nilai nominal yang dibantu oleh Bupati Bima.


Bantu Korban Kebakaran di Ngali

Setelah membantu korban kebakaran di Desa Raba, Kecamatan Wawo, Bupati Umi Dinda langsung bertandang ke Desa Ngali, Kecamatan Belo, untuk menyerahkan bantuan kepada puluhan warga yang rumah tinggal mereka dilalap si jago merah.

Sejumlah pejabat ikut mendampingi Bupati yang tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekitar pukul 15:45 Wita. Tiba dilokasi, politisi Partai Golkar Kabupaten Bima itu, tak kuasa menahan haru, melihat kondisi rumah warganya di Kampo Nae tersisah puing. Bupati menyerahkan bantuan uang pribadi, bagi puluhan warga yang rumahnya terbakar.

‘’ini ada rezeki saya ihklaskan untuk meringankan beban keluarga di Ngali,’’ujar Bupati di lokasi kejadian didampingi Kades Ngali dan Camat Belo.

Bupati meminta, para korban tidak larut dalam kesedihan karena musibah kebakaran tersebut adalah peringatan.

Kepada BPBD, tenaga Dinsos, Bupati memerintahkan segera membantu masyarakat membersihkan puing-puing sisa kebakaran, dengan menurunkan alat berat dan mobil  pengangkut sampah. Kemudian mendata agar Pemerintah segera membantu melalui tanggap darurat dan bencana alam.

Peristiwa kebakaran

Sementara itu, Camat Belo, Bambanga S.Sos, atas nama warga yang berduka dan Pemdes Ngali, menyampaikan rasa  terima kasih, Bupati Bima dan Wakil Bupati hadir langsung menyaksikan suasana duka dialami warga Kampo Nae Desa Ngali. Juga memberikan santunan secara pribadi berupa uang dan barang sandang pangan.

‘’Semoga bantuan awal ini akan meringankan beban keluarga yang mengalami musibah,’’harap Camat.

Dijelaskan Camat, peristiwa naas dialami  warganya tersebut begitu cepat, sekitar pukul 10:30 Wita pagi, Jumat 8 Mei 2020. Puluhan rumah panggung ludes terbakar dilalap si jago merah. Untuk sementara, kata dia, total yang terbakar lebih dari 20 rumah, sebanyak 17 rumah terbakar rata dengan tanah. Api cepat merambat ke rumah warga lainnya, karena saat kebakaran terjadi disertai angin kencang.

Selain itu, kondisi perkampungan yang begitu padat dan sempit, membuat Mobil Pemadam Kebakaran sulit mendekat dan memadamkan api yang berkobar.  Mengantisipasi, korban Jiwa dan korban harta benda yang lebih banyak, warga harus berjibaku dengan peralatan seadanya untuk memadamkan api.

Awalnya, api diketahui oleh warga sekitar, setelah melihat asap mengepul di bagian atap rumah, untuk memadamkan api, warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya. Warga menggunakan mesin pompa air, tapi karena angin begitu kencang, sehingga api melahap satu persatu rumah warga. Sejumlah warga panik, dan beberapa di antaranya berusaha menyelamatkan barang berharga yang masih bisa diselamatkan di sekitar rumah yang terbakar.


Kepala BPBD Kabupaten Bima, M Aris Munandar, ST, MT, mengaku, tengah menyalurkan bantuan awal dari Pemerintah Provinsi NTB.

Keputusan penyerahan bantuan itu setelah Tim BPBD Povinsi melihat langsung kondisi korban dan hasil koordinasi antara BPBD Provinsi NTB  dengan BPBD Kabupaten Bima, atas bencana kebakaran di Desa Ngali RT 09 RW 05 Kecamatan Belo, Kabupaten Bima.

Bantuan logistik dikirim pada Sabtu, 9 Mei 2020 sekitar pukul  02.00 Wita, berupa selimut 60 lembar, terpal 60 lembar, tikar 40 pcs, Mie Instan 70 dus, Air Mineral 70 dus, Alat Kebersihan 8 box, Sabun Mandi 144 pcs, Sikat Gigi 72 pcs, Pasta Gigi 36 pcs, celana dalam wanita 96 lembar, Bra 36 lembar, sabun cuci 72 sachet, Masker Kain 100 lembar.

Selain itu untuk mendukung penyediaan tempat tinggal sementara BPBD Prov. NTB  mengirimkan satu unit Tenda Pengungsi. Juga diberikan Alat Pelindung Diri (APD) Penanganan Covid 19  400 pcs. (Ndai 001)

Berikut ini, hasil identifikasi sementara nama yang rumahnya terbakar dan mengalami kerusakan.

Rusak Berat.

1.Sulaiman ama la ife umur 33
2.Kalaisom inq iwe
3.Rukaya wai dia
4.Arfan ama baim
5.Nurdin ama hqiru
6.Kudrat ina one
7.Ati patakai
8.Usman ama alimin
9.Samsudin ama
10.Rusdin ama sahrul
11.Ruslin / mana
12.Lia ndau ina iwe
13.Basrin / iwe
14.Mujamin
15.Yahdin ama fauja
16.Kadafin Rosida
17.Subhan
18.Fo alias fagi
19.Asdian/ jaenab

Rusak Ringan

1 Sadi ama faru
2.Anhar Ama sahrul
3.Nurdin ama fitri
4.Gere / ros
5.julki ama putri
6.Muslimin ama akbar
7.Akarim abu siti mariam
8.Jaenab ina erni
9.Sirajudin ama sira
10.Suharman ama burhab
11.khairudin ama suma
12.masuda

Rusak Sedang

1.Febi fardin
2.Kuswan ama yuni
3.Asma moa
4.Bambang

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.