Pemdes Keli Bentuk Relawan Covid 19

Rapat Pembentukan relawan Covid-19 Desa Keli, dipimpin Kades Drs. Ramli. (Dok. Ndai)
Woha, Ndaionline.com,- upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Keli, Kecamatan Woha patut dipuji. Pasalnya? dibawah kendali Kepala Desa (Kades) Drs. Ramli, bergerak secara suka rela, membentuk Tim Relawan Covid- 19 bersama lembaga Desa dan tokoh masyarakat Keli.

Pembentukan relawan yang bertugas khusus, melakukan sosialisasi ke masyarakat dan memutus penyebaran Covid- 19, itu sendiri dilangsungkan di aula Kantor Desa Keli, Kamis, 23 April 2020, lalu.

Kades Keli, Drs. Ramli, mengaku, Pemdes Keli sengaja membentuk Tim Relawan Covid-19, yang bertugas membagikan masker secara gratis dan melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah warga. 

"Selain itu, tim juga akan membangun posko siaga di pintu masuk desa, mengantisipasi orang dari luar desa dan warga setempat yang baru datang dari luar daerah dapat dicegah kemudian diberikan pemahaman," terangnya.

Kemudian Sekdes Keli, Ramadhan SH, mengaku telah menganggarkan Rp. 436 juta, melalui APBDes murni Dana Desa Tahun anggaran 2020 untuk penangan covid 19.

Anggaran tersebut, kata Ramadhan, untuk pengadaan masker, memprot cash dan pengadaan tempat air untuk cuci tangan di setiap RT. Juga untuk membantu 200 KK bagi warga miskin yang terkena dampak Covid sebesar Rp 600 ribu selama 3 (Tiga) bulan.

Ramadhan berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak keluar Desa, bila tidak ada yang penting, dan melaporkan kepada Tim bila ada keluarga yang baru pulang dari luar daerah. Kemudian akan diperiksa dan diisolasi selama 14 hari di rumah.

Sementara itu, Tim kesehatan dari Puskesmas Woha, berharap, kesadaran dan kerjasama yang baik dari masyarakat untuk segera melapor jika ada warga yang baru pulang dari luar daerah.

Mereka tetap diberlakukan protap penanganan Covid -19 disamping mengisolasi diri di rumah. Dalam pencegahan Corona, bukan hanya tugas tenaga kesehatan tetapi tanggung jawab semua pihak. (Ndai 003)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.