KSM Padat Karya Covid 19 Desa Waduwani Dibentuk

Suasana rapat pembentukan KSM dan sosialisasi Sandes Desa Waduwani, Kecamatan Woha, di Aula Kantor Desa setempat. (Dok. Ndai)
Woha, Ndaionline.com,- Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), untuk membantu masyarakat berdampak Pandemi Covid-19, Desa Waduwani Kecamatan Woha, dibentuk melalui,  rapat dan sosialisasi pembentukan KSM Padat Karya Tahun Anggaran 2020, di aula Kantor Desa Waduwani, Senin, 27 April 2020 sekitar pukul 09.50 wita.

Kades Waduwani, Ramli Junaid, mengatakan,  kelompok KSM padat karya dibentuk untuk mengelola program Sandes padat karya. Dapat bekerja dengan baik, memilih program yang tepat dan benar-benar dibutuhkan oleh warga.

 ‘’Terutama warga yang berdampak Virus Corona,’’ujar Ramli, saat memimpin  rapat.

Kades mengakui, dalam pantauanya, masyarakat Waduwawani, kehidupan ekonominya masih lemah alias dibawah standar, olehnya itu harus dibantu.

Sementara itu, Fasilitator dari Dinas Perumahan dan Kawasaan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bima, Adi Rahmansyah S.pd, mengatakan, program sanitasi dilaksanakan berdasarkan instruksi Presiden.

Menurutnya, dana yang digelontorkan untuk program Sanitasi Desa (Sandes) di 34 Propinsi sebesar  Rp. 10 T, dengan tiga program yang ditangani yaitu program penanganan sampah, padat karya dan sanimas.
 ‘’Desa Waduwani memperoleh padat karya dan 60 persen akan digunakan belanja material. Mari kita kawal bersama program ini. Karena tujuannya adalah meminimalisir angka Stunting ( Gizi buruk ) dengan sasaran utama adalah ibu hamil,’’ujar Adi.

Selanjutnya, kata Adi, akan dilakukan pemetaan berdasarkan data dengan anggaran sanitasi yang dikucurkan. Sebahagian atau 35 per sen untuk puluhan  jamban dan lima per sen untuk upah Koperasi KSM. Mereka akan diberikan pelatihan khusus.

"Bentuk program sanitasi yakni  pembuatan WC dan Septi Tank dengan total anggaran Rp.350 Juta. WC yang akan dibangun berjumlah 25 buah,’’akunya.

Pada rapat tersebut, dilakukan pemilihan secara votting pengurus KSM dan berhasil terpilih sebagai ketua adalah M. Yusuf S.pd, Sekretaris Supriyadi dan bendahara Rian Hidayat, S.pd.

Ikut hadir pada acara sosialisasi tersebut selain Kades Waduwani, Ramli junaid hadir pula  Ketua BPD Bustamin,  Babinsa , Serda Ruslan, Babinkamtibmas Briptu Imam Banu Rusman, Polpp Woha Amrin, Ketua Karang Taruna Nursidik, Tokoh Pemuda dan Mahasiswa. (Ndai 003)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.