Sekda Buka Sosialisasi Sertifikat Elektronik


Sekertaris Daerah Kabupaten Bima Drs. HM Taufik HAK dan Kepala Dinas Kominfotik Fahrurahman pada acara Sosialisasi Sertifikat Elektronik. (Dok. Nadai)
Bima, Ndaionline.com,- Sekretaris Daerah Drs. H. M. Taufik HAK, membuka sosialisasi sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Kamis, (20/02/2020).

Kegiatan itu berlangsung sehari, diselenggarakan Dinas Kominfotik Kabupaten Bima, di aula ruangan utama Kantor Bupati. Harus diakui, kebijakan Tatakelola yang berbasis elektronik akhir-akhir ini sudah mengalami kemajuan.

‘’Selama ini dalam lingkup elektronik karena membantu kepala daerah. Artinya ada kebijakan Presiden sekarang yang nyata,’’ujar sekda saat membuka acara tersebut.

Ia berharap, berkaitan dengan SP2020 dalam menyukseskan sertifikat elektronik perlu dukungan semua pihak. Kita tidak henti-hentinya bersosialisasi agar memahami dengan benar data yang sesungguhnya. Sekda berharap implementasi tanda tangan elektronik segera dilakukan menghindari hal-hal yang tidak inginkan.

Peserta sosialisasi sertifikat elektronik sejumlah OPD dan berbagai unsur yang diundang. (Dok Ndai)
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi informasi dan statistik, Fahrurahman, mengatakan perlu adanya perubahan untuk mengikuti jaman. Di era digital proses transformasi dari berbentuk kertas atau biasa menjadi Elektronik. Perubahan itu akan memudahkan kita melakukan pekerjaan.

Menurutnya, materi tentang tanda tangan elektronik di era sekarang akan lebih cepat dan aman. Badan Siber dan Sandi Negara, telah membangun layanan untuk memanfaatkan sertifikat dan tanda tangan elektronik.

Kemudian ada lembaga Otoritas Sertifikat Digital (OSD) yang akan melayani beberapa kebutuhan pengamanan sistem elektronik pemerintah tanpa ribet. Selama ini kita menggunakan leptop tetapi sekarang sudah bisa menggunakan handphone.

Menurutnya, pengamanan sistem elektronik meliputi; tanda tangan digital, pengamanan E-mail, pengamanan pada website dengan memanfaatkan SSL, code signing dan lain-lain. Kemudian, manfaat dan kegunaan tanda tangan digital yakni; aman, mudah, efisiensi waktu, menghemat kertas dan menghemat biaya.

Dipandu Narasumber, peserta sosialisasi diperlihatkan visualisasi, praktik dan tata cara melakukan tanda tangan digital secara ringkas.

Hadir pada sosialisasi tersebut Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima. Menghadirkan narasumber Pejabat Pengelola Sertifikat Tanda Tangan Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Sandhi Prasetiawan. (Ndai 001)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.